PENGEMBANGAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DI SDN KOWEL 3 PAMEKASAN

PENGEMBANGAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DI SDN KOWEL 3 PAMEKASAN

Numerasi

Bilangan, Geometri dan Pengukuran, Aljabar, Data dan Ketidak pastian

Literasi Teks Fiksi

Menemukan Informasi, Memahami, Mengevaluasi dan merefleksi

Literasi Teks Informasi

Menemukan Informasi, Memahami, Mengevaluasi dan merefleksi

Level Pembelajaran

Level Pembelajaran 1
( Kelas 2 )

  1. Bilangan
  2. Representasi

Memahami bilangan cacah (maks. tiga angka). (1 Soal)

Memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5). (2 Soal)

Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan. (2 Soal)

  1. Sifat Urutan

Membandingkan dua bilangan cacah (maks. tiga angka). (1 Soal)

  1. Operasi

Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan dua bilangan cacah (maks. tiga angka). (2 Soal)

Menentukan beberapa (maks. 5) kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n < 10. (Setara dengan skip counting.) (2 Soal)

  1. Geometri dan Pengukuran
  2. Bangun Geometri

Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran. (5 Soal)

Mengenal balok dan kubus. (3 Soal)

  1. Pengukuran

Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter). (4 Soal)

  1. Aljabar
  2. Persamaan dan Pertaksamaan

Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak). (6 Soal)

  1. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)

Mengenali pola gambar atau objek. (3 Soal)

 

Level Pembelajaran 2
( Kelas 4 )

 

  1. Bilangan
  2. Representasi
  • Memahami pecahan dan pecahan campuran positif dengan penyebut bilangan satu atau dua angka (misal 5/12, 2⅗). (3 Soal)
  • Mengetahui posisi pecahan pada garis bilangan. (3 Soal)
  1. Sifat Urutan
  • Membandingkan dua pecahan, termasuk membandingkan pecahan dan bilangan cacah. (2 Soal)
  1. Operasi
  • Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/pembagian dua bilangan cacah (maks. enam angka), termasuk menghitung kuadrat dari suatu bilangan cacah (maks. tiga angka). (4 Soal)
  • Menentukan KPK, faktor suatu bilangan cacah, dan FPB. (1 Soal)
  1. Geometri dan Pengukuran
  2. Bangun Geometri
  • Menghitung luas persegi panjang bila diketahui panjang dan lebarnya, dan menghitung panjang atau lebar bila diketahui luas dan salah satu sisinya. (2 Soal)
  • Mengenal prisma dan tabung. (2 Soal)
  1. Pengukuran
  • Mengenal dan menggunakan satuan luas (cm2, m2) dan volume (cm3, m3). (3 Soal)
  1. Aljabar
  2. Persamaan dan Pertaksamaan
  • Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian/pembagian saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak). (13 Soal)

 

Level Pembelajaran 3
( Kelas 6 )

  1. Bilangan
  2. Representasi
  • Memahami bilangan bulat, khususnya bilangan bulat negatif. (4 Soal)
  • Menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk pecahan, atau sebaliknya. (4 Soal)
  • Mengetahui posisi bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma pada garis bilangan serta posisi bilangan bulat termasuk billangan bulat negatif (4 Soal)
  1. Sifat Urutan
  • Mengurutkan beberapa bilangan yang dinyatakan dalam bentuk berbeda. (3 Soal)
  1. Operasi
  • Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/pembagian pecahan atau bilangan desimal, termasuk menghitung kuadrat dan kubik dari suatu bilangan desimal dengan satu angka di belakang komSerta Operasi pada bilangan bulat termasuk bilangan bulat negatif (12 Soal)
  1. Geometri dan Pengukuran
  2. Bangun Geometri
  • Menghitung luas bangun datar (mungkin komposit). (1 Soal)
  • Mengenal limas, kerucut, dan bola (1 Soal)
  1. Pengukuran
  • Mengenal dan menggunakan satuan kecepatan dan debit. (5 Soal)
  1. Aljabar
  2. Persamaan dan Pertaksamaan
  • Menyelesaikan persamaan linier 1 variabel (misal 2x + 3 = 7). (8 Soal)
  1. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)
  • Menentukan suku ke-n pada suatu pola bilangan sederhana. (1 Soal)
  1. Rasio dan Proporsi
  • Menggunakan rasio/skala untuk menentukan nilai/bilangan yang tidak diketahui. (1 Soal)
  1. Data dan Ketidakpastian
  2. Data dan Representasinya
  • Membaca (= memetik informasi dari) data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran (termasuk pula cara pengumpulan data dan cara penyajiannya) (3 Soal)

Level Pembelajaran 4
( Kelas 8 )

  1. Bilangan
  2. Representasi
  • Memahami bilangan cacah (maks. enam angka)
  1. Geometri dan Pengukuran
  2. Bangun Geometri
  • Memahami sifat-sifat bangun datar dan hubungan antara bangun datar serta serta dapat  menggunakan  Teorema Pythagoras (11 Soal)
  • Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan(balok, kubus, prisma segitiga, tabung, dan bentuk kompositnya). (10 Soal)
  1. Aljabar
  2. Persamaan dan Pertaksamaan
  • Menyelesaikan pertaksamaan linier 1 variabel atau sistem persamaan linear 2 variabel. (5 Soal)
  1. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)
  • Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi obyek (5 Soal)
  • Memahami fungsi linier dan grafiknya, serta sifat-sifatnya. (6 Soal)
  1. Rasio dan Proporsi
  • Memecahkan masalah aritmetika sosial yang terkait dengan rasio/persentase. (12 Soal)
  1. Data dan Ketidakpastian
  2. Data dan Representasinya
  • Menentukan dan menggunakan mean, median, dan modus. (11 Soal)
  1. Ketidakpastian dan Peluang
  • Menghitung peluang kejadian sederhana. (7 Soal)

Level Pembelajaran 5
( Kelas 10 )

  1. Geometri dan Pengukuran
  2. Bangun Geometri
  • Memahami dan menggunakan perbandingan trigonometri. (12 Soal)
  • Menghitung volume dan luas permukaan limas segi-n, kerucut, dan bola. (9 Soal)
  1. Aljabar
  2. Persamaan dan Pertaksamaan
  • Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear dua atau tiga variable (5 Soal)
  1. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)
  • Memahami barisan Aritmetika dan geometri (3 Soal)
  • Memahami fungsi kuadrat dan grafiknya, serta sifat-sifatnya; (4 Soal)
  1. Data dan Ketidakpastian
  2. Data dan Representasinya
  • Menentukan dan menggunakan ukuran penyebaran data (jangkauan, simpangan, dan variansi). (19 Soal)
  1. Ketidakpastian dan Peluang
  • Memahami dan menggunakan sifat-sifat peluang kejadian. (10 Soal)

Tentang Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengumuman

SURAT EDARAN JAM PEMBELARAN EFEKTIF DI BULAN RAMADHAN 1442 H

SURAT EDARAN JAM PEMBELARAN EFEKTIF DI BULAN RAMADHAN 1442 H

Pengumuman Menindaklanjuti surat dari Kadisdikbud Kab. Pamekasan ttg kegiatan pembelajaran di bulan  Ramadhan, maka perlu dilakukan hal² sbb: Seluruh siswa diwajibkan mengikuti lomba menghafal juz amma. Seluruh siswa diwajibkan mengikuti lomba menulis juz amma...

workshop Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) GUGUS 8

workshop Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) GUGUS 8

Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi. Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi...

Kalender Pendidikan

PENGUMUMAN GURU DAN TENDIK SILN TAHUN 2021

15 Juli 2019

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

PENGUMUMAN GURU DAN TENDIK SILN TAHUN 2021

15 Juli 2019

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Komentar Terbaru