Cara Membuat Soal AKM beserta Contoh Soalnya di SDN Kowel 3 Pamekasan

Cara Membuat Soal AKM beserta Contoh Soalnya di SDN Kowel 3 PamekasanSkor 0%Skor 0%
Pemateri : SOLEH|MENDIDIK/[email protected] /082338510052

Seperti yang diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Makarim telah menggantikan Ujian Nasional (UN) dengan Asesmen Nasional (AN) dimulai tahun 2021. asesmen nasional menjadi standar kelulusan siswa dan pemetaan mutu pendidikan untuk semua sekolah, madrasah atau kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Dalam asesmen nasional terdapat tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

Berdasarkan hasil studi nasional dan internasional, menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa Indonesia masih tergolong rendah, hal tersebutlah yang memunculkan kebijakan adanya soal AKM literasi membaca dan numerasi. Sedangkan diadakannya survei karakter dalam asesmen ini karena pendidikan Indonesia bertujuan untuk meningkatkan atau mengembangkan kemampuan siswa secara utuh.

Hal-hal yang perlu dikembangkan dalam diri siswa melalui pendidikan yaitu sikap, values serta perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila. Setidaknya terdapat 6 indikator pancasila yaitu kreativitas, akhlak mulia, gotong royong, kemampuan berpikir kritis, kebhinekaan global, dan mandiri.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai langkah-langkah cara membuat soal AKM beserta contoh soal AKM, baik AKM literasi dan AKM numerasi.

Cara Membuat Soal AKM

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk menambah kemampuan dan kapasitas diri mereka. Ada 2 kompetensi yang menjadi pengukur AKM yaitu literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi.

Soal AKM bersifat aplikatif, konteks yang esensial atau sesuai dengan kehidupan yang terjadi sehari-hari. Pada dasarnya, soal AKM tidak dibuat hanya berdasarkan pada Kompetensi Dasar di setiap mata peNamun dalam hal ini ada baiknya kita menguasai soal AKM yang berhubungan dengan kompetensi dasar sesuai kegiatan pembelajaran yang diajarkan saja terlebih dahulu. Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah dalam cara membuat soal AKM yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu

  1. Mencari informasi disekitar yang aktual, esensial serta aplikatif, dan tentunya yang berhubungan dengan kompetensi dasar.
  2. Setelah menemukan informasi yang cocok dengan kompetensi dasar pelajaran, Anda bisa mencari data atau informasi tambahan berupa gambar, infografis, dan lainnya. Lalu tentukan nilai-nilai penting dalam informasi tersebut untuk ditekankan kepada peserta didik.

Soal AKM jauh berbeda dengan soal Ujian Nasional (UN), sehingga guru dan siswa harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa mengikuti AKM dengan optimal. Soal AKM juga tidak selalu sama dengan soal HOTS, misalnya pada literasi mencari dan memahami informasi, serta pada numerasi bagian pemahaman dan penerapan itu tidak HOTS.

Adapun berikut ini merupakan beberapa bentuk soal AKM, di antaranya yaitu:

  1. Pilihan ganda kompleks: merupakan tipe soal yang memilih jawaban lebih dari satu dalam satu soal.
  2. Soal menjodohkan: merupakan tipe soal yang biasanya jawabannya dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya untuk mempertemukan pertanyaan dengan jawaban yang tepat
  3. Isian singkat: merupakan tipe soal yang jawabannya singkat, seperti berupa bilangan atau kata singkat yang menyebutkan tempat, nama benda, atau jawaban lainnya
  4. Uraian: merupakan tipe soal yang jawabannya lebih panjang dibandingkan isian singkat, dimana kalimat-kalimat jawabannya tersebut harus jelas
  5. Pilihan Ganda Kompleks: merupakan tipe soal yang memiliki beragam opsi, tidak homogen dan bisa 1 atau lebih dari satu jawaban.

Cara Membuat Soal AKM Numerasi dan Contoh Kegiatannya

Kompetensi pengukur soal AKM selanjutnya yaitu AKM literasi membaca. Literasi membaca artinya keterampilan atau kemampuan siswa dalam memahami, mengevaluasi, menggunakan, dan merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan permasalahan. Soal AKM melatih kemampuan peserta didik dan mengembangkan kapasitas individu untuk bisa berkontribusi secara aktif di lingkungan masyarakat.

Literasi dalam hal ini bukan sekadar kemampuan membaca saja, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan serta memahami konsep yang ada pada tulisan tersebut dengan baik. Jika kompetensi numerasi melatih kemampuan analisis dengan angka, maka kompetensi literasi baca melatih kemampuan analisis dengan tulisan.

Berikut ini merupakan contoh soal literasi membaca dari Kemendikbud beserta pembahasannya dengan jelas dan menarik.

Itulah beberapa hal mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Harapannya AKM dapat memajukan pendidikan Indonesia dan kualitas pelajar, serta memperbaiki budaya belajar. Tidak ada lagi dikotomi atau pembagian antara mata pelajaran UN dengan mata pelajaran non UN, tidak ada perbedaan antara mata pelajaran utama dan pelengkap serta tidak ada lagi bimbingan intensif atau percepatan materi untuk meningkatkan pengetahuan dalam mata pelajaran UN, karena dalam soal akan literasi membaca dan literasi mencakup semua pelajaran yang berguna untuk kehidupan hari-hari.

Kejarcita.id merupakan pendidikan berbasis teknologi yang memberikan berbagai kemudahan dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar



Cara Membuat Soal AKM beserta Contoh Soalnya di SDN Kowel 3 Pamekasan

0%

Cara Membuat Soal AKM beserta Contoh Soalnya di SDN Kowel 3 Pamekasan Cara Membuat Soal AKM beserta Contoh Soalnya di SDN Kowel 3 Pamekasan

Cara Membuat Soal AKM beserta Contoh Soalnya di SDN Kowel 3 Pamekasan
0%

Tentang Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengumuman

10 Panduan Lengkap Terkait Kurikulum Merdeka

10 Panduan Lengkap Terkait Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka telah diresmikan oleh Kemendikbudristek, bulan Februari lalu. Dalam peresmiannya, Kemendikbudristek juga mengeluarkan sejumlah panduan resmi dalam implementasi Kurikulum Merdeka bagi sekolah, khususnya untuk pendidik. Terdapat 10 panduan dari...

SURAT EDARAN JAM PEMBELARAN EFEKTIF DI BULAN RAMADHAN 1442 H

SURAT EDARAN JAM PEMBELARAN EFEKTIF DI BULAN RAMADHAN 1442 H

Pengumuman Menindaklanjuti surat dari Kadisdikbud Kab. Pamekasan ttg kegiatan pembelajaran di bulan  Ramadhan, maka perlu dilakukan hal² sbb: Seluruh siswa diwajibkan mengikuti lomba menghafal juz amma. Seluruh siswa diwajibkan mengikuti lomba menulis juz amma...

Kalender Pendidikan

PAT Khusus Kelas 6  Dimulai tanggal 04 – 07 APRIL 2022

15 Juli 2022

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

PAT Khusus Kelas 6  Dimulai tanggal 04 – 07 APRIL 2022

15 Juli 2022

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Komentar Terbaru