PELAKSANAAN PONDOK ROMADHON DI SDN KOWEL 3 PAMEKASAN TAHUN 2022

PELAKSANAAN PONDOK ROMADHON DI SDN KOWEL 3 PAMEKASAN TAHUN 2022

Masalah pendidikan merupakan masalah yang sangat mendasarkan dalam kehidupan maupun perkembangan bagi umat manusia, karena keberhasilan suatu pendidikan merupakan pertanda suatu bangsa itu maju  dan berkembang. Karena dengan majunya pendidikan akan mencerminkan kemajuan dan kepribadian suatu bangsa. Perkembangan dan kemajuan dalam kehidupan masyarakat dewasa ini sangat pesat, baik dalam segi kemajuan ilmu teknologi maupun informasi, kami mempunyai suatu keyakinan  bahwa suatu perkembangan dan kemajuan  Negara membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu dan cakap dari masyarakat terutama kecakapan berkarya serta sumber daya manusia yuang terlatih dan terdidik.

Oleh karena itu dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut maka salah satu upaya kegiatan belajar mengajar di sekolah selama bulan suci Ramadhan diadakan kegiatan peningkatan ketakwaan dan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang diberi nama “Pondok Ramadhan” yang mengandung nilai-nilai positif guna memberi bekal terhadap anak bangsa, agar menjadi insan-insan pembangunan yang senantiasa bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menguasai ilmu teknologi dan  mampu menjawab tantangan di masa yang akan datang dan menjadi tumpuan harapan bangsa .

Sebagai pelaksanaan nyata pemikiran  di atas maka di bulan suci Ramadhan ini sangat perlu dilakukan kegiatan yang bertujuan membangun manusia Indonesia sutuhnya sebagaimana tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam GBHN yaitu kegiatan Pondok Ramadhan, yang sebenarnya pelaksanaan dari pada nilai-nilai kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya pada bulan suci Ramadhan saja, namun dilaksanakan dalam proses belajar mengajar di sekolah setiap saat. Sehingga setelah pelaksanaan Pondok Ramadhan diharapkan terwujud anak didik yang berkwalitas,bertakwa dan diridhoi Allah SWT, berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Kompleksitas problematika kehidupan di era globalisasi telah menawarkan banyak tantangan dan keuntungan bagi kelangsungan hidup manusia. Dan tantangan yang paling berat dalam hal ini adalah persoalan pilihan nilai moral, budaya, dan keagamaan, terutama bagi kalangan remaja. Hal ini disebabkan oleh faktor psikologis mereka yang mengalami masa pubertas (masa pencarian nilai-nilai/ norma yang dirasa sesuai dengan dunianya). Tantangan tersebut nampaknya menjadi problematika tersendiri bagi para guru agama untuk segera diatasi atau bahkan diantisipasi sedini mungkin.

Penanaman nilai-nilai agama Islam sejak dini sangatlah diperlukan guna mendukung dan mewujudkan tujuan dari pendidikan agama Islam. Terutama pada masa seperti saat ini, di mana multi krisis telah sangat akrab dengan kehidupan kita, khususnya masalah krisis moral. Selain itu, agama Islam memuat ajaran tentang tata hidup yang meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Atau, dengan kata lain bahwa ajaran Islam berisi pedoman–pedoman pokok yang harus digunakan untuk menyiapkan kehidupan yang sejahtera di dunia sekarang dan di akhirat nanti.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

كُلٌ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلىَ الفِطْرَةٍ, فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ.

Artinya:

“Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci), maka orang tuanya yang menjadikan mereka beragama majusi dan nasrani”. (H.R. Bukhari)

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh dengan keutamaan di antaranya adalah bagi orang-orang yang berpuasa pada sepuluh hari pertama penuh dengan limpahan rahmat, sepuluh hari yang ke dua penuh dengan maghfirah dan sepuluh hari yang ke tiga dijauhkan dari api neraka. Di samping itu pada bulan Ramadhan terdapat malam Lailatu al-Qadr yaitu suatu malam yang nilainya lebih baik dari seribu malam. Dengan situasi dan kondisi yang terdapat di bulan Ramadhan, maka bulan Ramadhan ini merupakan momen yang sangat tepat untuk mendidik dan membimbing siswa, agar dapat meraih keutamaan tersebut, terlebih dahulu perlu diberikan pemahaman yang benar tentang keIslaman mereka terutama yang berkenaan dengan puasa Ramadhan dan melatih mereka untuk mengamalkan apa yang telah mereka ketahui.

Semangat yang ada di bulan Ramadhan diharapkan dapat memotivasi para siswa dan siswi untuk bertambah giat dalam menunaikan tugas dan kewajibannya sebagai seorang hamba sekaligus sebagai seorang penuntut ilmu. Dalam rangka mengoptimalkan kesempatan emas tersebut, Sekolah Dasar Negeri kowel 3 pamekasan Kabupaten Pamekasan berupaya memberikan fasilitas kepada segenap siswa-siswinya untuk mendapatkan berkah bulan Ramadhan tersebut dalam bentuk kegiatan pondok Ramadhan ini.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya pembekalan diri agar mampu menentukan berbagai pilihan nilai yang sesuai dengan norma dan kaidah yang berlaku pada manusia yang beragama. Adapun dasar pemikiran kegiatan ini adalah

  1. Firman Allah SWT , dalam Al Qur’an surat Al Baqarah : 183

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa

sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu , agar

kamu menjadi orang yang bertakwa”

 

  1. Firman Allah SWT , dalam Al Qur’an surat An Nisa : 9

 

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا

Artinya:  “Dan hendaklah takut kepada Allah, orang yang   seandainya  meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah yang khawatir terhadap  (kesejahteraan) mereka . Oleh karena itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan tunduklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”.

 

  1. Tujuan Pendidikan Nasional .

Bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Yang Maha Esa berbudipekerti yang luhur, memiliki pengetahan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

  1. A.MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan Pondok Ramadhan 1443 H / 2022 M bertujuan :

  1. Mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertakwa .
  2. Berkepribadian, bermoral, dan berperilaku yang sesuai dengan norma agama
  3. Menjadi generasi yang menguasai IPTEK dan IMTAK
  4. Menggugah hati siswa untuk selalu bertaqarrub kepada Allah SWT.
  5. Menumbuhkan / menanamkan karakter Islami kepada para peserta didik.
  6. Target
  7. Siswa menjadi lebih mengerti tentang cara melaksanakan Puasa Wajib dan Sunnah.
  8. Siswa menjadi lebih mengerti tentang cara Shalat Tarawih dan Witir.
  9. Siswa menjadi lebih mengerti tentang cara Shalat Dhuha serta Do’a setelah Shalat Dhuha.
  10. Siswa menjadi lebih mengerti tentang cara menggunakan waktu yang baik dibulan Ramadhan.
  11. Siswa menjadi lebih mengerti tentang keutamaan-keutamaan yang ada pada bulan Ramadhan.

Lampiran 3

Foto Kegiatan Pondok Ramadhan

 

 

 

Tentang Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengumuman

SURAT EDARAN JAM PEMBELARAN EFEKTIF DI BULAN RAMADHAN 1442 H

SURAT EDARAN JAM PEMBELARAN EFEKTIF DI BULAN RAMADHAN 1442 H

Pengumuman Menindaklanjuti surat dari Kadisdikbud Kab. Pamekasan ttg kegiatan pembelajaran di bulan  Ramadhan, maka perlu dilakukan hal² sbb: Seluruh siswa diwajibkan mengikuti lomba menghafal juz amma. Seluruh siswa diwajibkan mengikuti lomba menulis juz amma...

workshop Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) GUGUS 8

workshop Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) GUGUS 8

Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi. Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi...

Kalender Pendidikan

Ujian Sekolah Tanggal 23 – 28 MEI 2022

15 Juli 2022

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Ujian Sekolah Tanggal 23 – 28 MEI 2022

15 Juli 2022

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Komentar Terbaru